Jumat, 05 Maret 2010

Kebudayaan Asli Daerahku

Kebudayaan daerah saya adalah jawa timur. Jawa Timur memiliki sejumlah kesenian khas, diantaranya Ludruk merupakan salah satu kesenian Jawa Timur yang cukup terkenal, yakni seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki. ludruk menceritakan kehidupan sehari-hari rakyat jelata, yang seringkali dilakukan dengan humor dan kritik sosial, dan umumnya dibuka dengan Tari Remo dan parikan.

Ludruk adalah drama rakyat, yang ceritanya sangat luwes, mulai dari legenda, cerita rakyat hingga cerita modern. Pementasan ludruk selalu diawali dengan Tari Remo dan tarian lain yang melibatkan para tandak (penari pria yang didandani seperti wanita). saya kagum dengan kebudayaan ludruk yang banyak di nikmati oleh masyarakat jawa.

kebudayaan di daerah jawa timur banyak di gemari oleh kalangan orang tua dan remaja. Kebudayaan Suku Jawa di Jawa Timur bagian barat menerima banyak pengaruh dari Jawa Tengahan, sehingga kawasan ini dikenal sebagai Mataraman, menunjukkan bahwa kawasan tersebut dulunya merupakan daerah kekuasaan Kesultanan Mataram. sedikit saja saya menceritakan kebudayaan daerahku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar